Profesi Nabi Muhammad

profesi nabi muhammad

Siapa yang tak kenal dengan nabi Muhammad, nabi Muhammad adalah seorang nabi terakhir yang di utus oleh Tuhan. Kecerdasan beliau memang tidak diragukan lagi bagi seluruh umat di seluruh dunia baik di negeri Timur hingga ke Barat. Beliau adalah ahli dalam berbagai bidang.

Profesi Nabi Muhammad

Jika profesi nabi Muhammad dulu dikaitkan dengan profesi modern sekarang ini, maka akan banyak sekali profesi beliau. Berikut ini adalah profesi nabi Muhammad:

Dokter

Dalam keseharian nabi Muhammad, beliau menerapkan cara hidup sehat dalam pribadi beliau, keluarga, dan umatnya. Hasil dari penerapan hidup sehat dari nabi Muhammad terasa manfaatnya hingga sekarang jika melakukan segala anjuran nabi Muhammad dalam bidang kesehatan. Uniknya lagi, nabi Muhammad bukanlah seorang dokter yang kuliah di perguruan tinggi, bahkan beliau lebih hebat dibandingkan dengan tabib-tabib termasyhur di zamannya. Beliau mengetahui segala hal tentang penyakit, bagaimana mencegahnya, dan mengobatinya.

Salah satu contoh nabi Muhammad adalah ahli kesehatan, beliau mengulas soal kebersihan dengan sangat detail, baik kebersihan fisik, maupun lingkungan sekitar. Memotong kuku, mencuci tangan hingga ruas-ruas jari, mencabut bulu ketiak, bersiwak, cara makan, dan masih banyak lagi cara hidup sehat ala nabi Muhammad.

Baca juga:

Pemimpin Negara / Presiden

Nabi Muhammad adalah seorang pemimpin karena beliau sangat lihai dalam hal politik. Salah satu contoh bahwa nabi Muhammad adalah ahli dalam bidang politik adalah adanya piagam Madinah yang digunakan sebagai konstitusi negara Madinah sebagai landasan atau pedoman bernegara dalam masyarakat Madinah, selain itu masih banyak lagi contoh kepemimpinan beliau yang mungkin akan sangat panjang sekali untuk dijelaskan di artikel ini.

Ahli Perang

Sejarah menceritakan bahwa nabi Muhammad adalah seorang Panglima perang sekaligus ahli strategi dalam peperangan. Beliau tidak hanya hebat dalam strategi perang, beliau juga tangguh, gagah, dan berani berhadapan dengan musuh. Beliau adalah seseorang yang paling berani ketika perang, menurut riwayat diceritakan bahwa nabi Muhammad ketika berperang adalah orang yang paling dekat dengan musuh, artinya nabi Muhammad ada di barisan paling depan dan tak pernah gentar menghadapi musuh. Berbeda dengan halnya dengan ahli strategi perang yang hanya duduk mengatur strategi perang tanpa ikut berperang di barisan paling depan.

Dalam peperangan nabi Muhammad ahli dalam berdamai, membaca kondisi, serangan kejutan, hingga memblokade ekonomi.

Entrepreneur

Nabi Muhammad tercatat dalam sejarah sebagai seorang pedagang sukses. Kesuksesan beliau sudah banyak dibahas oleh para ahli sejarah. Manajemen bisnis yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dari dulu hingga sekarang akan selalu relevan diterapkan dalam bisnis modern sekarang ini. Penerapan ahli berdagang dari nabi Muhammad adalah kejujuran, keramahan, sopan santun, harga yang ditawar kepada pembeli sesuai dengan yang disepakati. Jika ilmu bisnis nabi Muhammad diterapkan di bisnis Anda, maka suatu keniscayaan Anda akan memperoleh kesuksesan.

Olahragawan

Nabi Muhammad adalah seorang yang ahli dalam bidang olahraga, beliau sangat menyukai olahraga. Beberapa olahraga yang sangat digemari beliau adalah memanah, berkuda, lari sprint, bela diri, hingga gulat. Sebuah riwayat menceritakan bahwa tubuh nabi Muhammad berperawakan tegap, kekar, dan tidak buncit (perut dan dada sama rata). Jadi, beliau adalah seorang yang sangat bugar.

Itulah beberapa profesi nabi Muhammad, beliau adalah sosok yang sangat ahli dalam beberapa bidang. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kita semua, silakan tambahkan profesi nabi Muhammad yang Anda ketahui di kolom komentar, agar artikel ini menjadi lebih lengkap. Terima kasih telah berkunjung, silakan share dan bagikan pada kawan-kawan Anda agar bisa menambah rasa cinta dan kagum dengan nabi Muhammad.