Penyakit Bisa Bermunculan Setelah Membaca Al Qur’an

Penyakit Bisa Bermunculan Setelah Membaca Al Qur'an Foto: pixabay.com

Penyakit yang bisa timbul karena membaca al qu’ran

Membaca a Al Qur’an adalah salah satu ibadah bagi umat islam di mana pun berada. Al Qur’an itu sendiri adalah kitab yang sangat dimulikan. Ia berisi larangan, perintah, kisah-kisah, hukum, dan lain-lainnya. Jika seseorang ingin selamat di dunia dan akhirat, maka membaca Al Qur’an adalah solusinya.

Al Qur’an adalah kitab yang sangat tua sekali, tidak pernah ada perubahan dan isinya sama dengan dahulu sejak diwahyukan. Al Qur’an adalah penyembuh dari segala penyakit. Namun, apakah Anda tahu bahwa membaca Al Qur’an juga bisa terserang penyakit. Penyakit penyakit tersebut adalah Faringitis atau peradangan pada area tenggorokan dan penyakit gangguan pita suara.

Baca juga Terapi Alquran untuk Penyakit Fisik dan Mental

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyakit yang disebabkan oleh membaca Al Qur’an, berikut ini adalah poin-poinnya.

1.Faringitis

Faringitis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan jamur. Salah satu jenis virus yang paling sering menyerang adalah virus influenza. Penyebab faringitis biasanya disebabkan oleh terlalu seringnya menggunakan suara, membaca Al Qur’an adalah salah satu contohnya. Dengan menggunakan suara yang berlebihan, maka akan menyebabkan iritasi pada dinding tenggorokan. Membaca Al Qur’an dianjurkan dibaca dengan baik dan tartil. Yaitu harus benar-benar dengan bunyinya.

Jika dibiarkan dan terus membaca Al Qur’an dengan suara nyaring dan tanpa henti, maka tenggorokan akan semakin teriritasi dan iritasi tersebut bisa menjadi peluang bagi virus, bakteri, dan jamur untuk masuk menginfeksi tubuh.

Anda harus waspada pada gejala-gejala faringitis, seperti nyeri tenggorokan, demam, suara menjadi serak, sakit menelan, tenggorokan kering, bersin-bersin, sakit kepala, nyeri sendi, batuk kecil secara terus menerus, mual, dan tidak bersemangat.

Jika muncul tanda dan gejala dari penyakit faringitis, maka Anda harus menghentikan membaca Al Qur’an sementara waktu, dan kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan. Kemungkinan Anda akan dianjurkan untuk tidak menggunakan suara sementara dalam masa pengobatan.

2.Gangguan pita suara

Gangguan pita suara adalah penyakit yang menyerang pita suara, ia memiliki macam-macam jenis, yaitu; nodus, polip, ulcer, dan laringitis. Pita suara terletak pada laring. Pita suara ini dapat menjadi rusak karena infeksi, tumor atau trauma.

Gangguan pita suara bisa terjadi karena seringnya digunakan seperti halnya membaca Al Qur’an, alergi, infeksi virus, refluks asam lambung, dan iritasi zat tertentu.

Jika Anda mengalami gejala seperti:

  • Sakit tenggorokan
  • Suara yang sengau
  • Sulit bernapas
  • Bicara seperti kehabisan napas

Maka Anda dianjurkan untuk mewaspadai adanya gangguan pada pita suara Anda. Coba berhenti sejenak membaca Al Qur’an, dan periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut..

Untuk mencegah penyakit faringitis dan gangguan pita suara, maka Anda harus beristirahat membaca Al Qur’an terlebih dahulu dengan suara keras. Istirahatkan sementara waktu jika pita suara dan tenggorokan Anda sedang kelelahan.

Baca juga

Kesimpulannya, membaca Al Qur’an memanglah suatu ibadah yang sangat bernilai bagi setiap orang. Tapi Anda harus tetap waspada akan penyakit yang bisa ditimbulkannya. Penyakit-penyakit tersebut dapat terjadi jika Anda sering membaca Al Qur’an dengan suara keras dan lama. Cegahlah penyakit-penyakit tersebut dengan beristirahat terlebih dahulu ketika Anda capek membaca Al Qur’an, jangan memaksakan diri untuk khatam Al Qur’an dalam satu malam misalnya. Seperti biasa, terima kasih telah berkunjung, mudah-mudahan bermanfaat.

Lihat Komentar (2)

    • Terima kasih atas pertanyaannya, semoga pertanyaan Anda bisa menambah wawasan untuk kita. Jadi, yang saya ketahui bahwa aktivitas membaca, entah itu Al Qur'an atau buku, nonton TV, atau menatap layar komputer dalam waktu yang cukup lama akan melelahkan otot siliaris mata untuk berakomodasi, sehingga mata akan menjadi buram.

      Selain itu, mata pun cenderung jarang berkedip dan mata akan menjadi kering dan teriritasi. Nah jika hidung tersumbat setelah membaca Al-Qur'an, saya masih belum mengetahuinya kenapa. Ini akan menjadi PR untuk saya.

      Saya harap ini bisa menjawab pertanyaan Anda. Terima kasih telah berkunjung!