Manfaat Memanah bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Memanah bagi Kesehatan Fisik dan Mental kita

Olahraga panahan adalah olahraga yang kurang begitu populer di Indonesia. Panahan tidak sepopuler sepak bola atau badminton. Padahal olahraga panahan sangat baik dan ini merupakan sunnah nabi Muhammad saw.

Manfaat Memanah bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Rasulullah sendiri sering memanah, dan ini adalah olahraga yang disunnahkan oleh beliau. Bagi yang belum mengetahui bahwa memanah adalah sunnah nabi Muhammad, silakan kita buka lagi hadist beliau yang berbunyi “Sesungguhnya Allah azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah, yaitu orang yang membuatnya mengharapkan kebaikan dan orang yang memanahkannya di Jalan Allah (HR. Ahmad)

Setelah kita mengetahui bahwa Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk belajar memanah, semoga kita menjadi termotivasi untuk belajar memanah. Adapun manfaat memanah adalah sebagai berikut:

Kesehatan Fisik

1. Melatih keseimbangan tubuh

Bagi Anda yang mengalami masalah dalam keseimbangan dan koordinasi otot-otot, Anda sangat dianjurkan untuk belajar memanah. Dengan memanah otak dan otot akan menjadi sinkron atau selaras. Otak belakang (Cerebellum) akan mengirim stimulasi pada otot agar menjaga kesimbangan. Keseimbangan ini nampak terlihat dari meletakkan anak panah pada busurnya, semakin sering berlatih, maka tubuh Anda akan semakin seimbang.

2. Melatih Fokus

Untuk menembus target panah, tubuh harus dalam kondisi sempurna. Aktivitas memanah akan merangsang kekuatan fokus Anda. Pada bagian otak yang disebut lobus frontal akan semakin berkembang saat Anda berlatih memanah. Semakin sering Anda melatih otak bagian frontal ini, maka Anda akan sangat hebat dalam berkonsentrasi.

3. Melatih koordinasi

Aktivitas memanah adalah aktivitas yang melibatkan seluruh tubuh dan pikiran. Berpikir untuk mencapai target, mengatur sikap tubuh sempurna, dan menarik busur dengan tenaga. Aktivitas tersebut memerlukan koordinasi tubuh yang baik. Koordinasi antara otak dan tubuh ini nantinya akan membantu mencegah penyakit-penyakit yang menyerang otak.

4. Menajamkan penglihatan

Memanah akan merangsang mata untuk melihat target yang jauh dari mata. Otot mata akan terlatih dalam akomodasinya. Jika sering berlatih memanah, maka mata akan lebih tajam melihat benda-benda jauh dan latihan ini akan membantu mencegah penyakit mata seperti rabun jauh atau dekat.

Baca juga Profesi Nabi Muhammad sebagai atlet panahan

Kesehatan mental

1. Anti Stres

Stress bisa terjadi pada siapa saja. Manajemen stres yang berhasil tergantung dari individu itu sendiri. Jika ia menemukan cara atau pelampiasan stres yang dihadapinya dengan memanah, maka stres tersebut bisa berkurang dengan baik. Memanah akan melampiaskan rasa stess yang ada di kepala jika terget anak panah dapat tercapai, dan itu memperoleh rasa puas sebagai contohnya.

2. Melatih kesabaran

Jika Anda adalah orang yang kurang sabaran, maka olahraga panahan akan dianjurkan untuk Anda. Memanah adalah olahraga yang ditujukan untuk mencapat target, jadi jika anak panah tidak mencapai target yang tepat, maka Anda akan terus mengulangi dan mengulanginya lagi. Sama halnya dengan memancing, jika tidak dapat ikan, maka akan terus coba dan coba lagi sampai mendapatkan ikan.

Demikianlah beberapa manfaat memanah. Sekarang kita sudah mengetahui bahwa olahraga panahan membantu otak lebih cemerlang dan tubuh lebih bugar. Tak heran kenapa Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk belajar memanah. 6 manfaat olahraga panahan di atas mungkin masih sedikit, masih ada macam-macam manfaat panahan yang belum diketahui.

Mari kita belajar memanah, dengan belajar memanah , tubuh menjadi lebih sehat, sunnah nabi Muhammad pun dapat kita laksanakan.