Kekurangan Vitamin D Incar Hijabers

Kekurangan Vitamin D Incar Hijabers Foto: pixabay.com

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk m0slim terbesar di dunia. Oleh karena itu, wanita Indonesia menggunakan hijab atau kerudung sebagai suatu kewajiban dalam agama islam. Hijab itu sendiri adalah kain yang menutupi seluruh tubuh dengan baik, ada juga burqa yang hanya kelihatan mata.

Namun, ternyata ada beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat dari penggunaan hijab. Penyakit yang paling sering terjadi biasanya berupa kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D erat kaitannya dengan tulang.

Penyebab Kekurangan vitamin D

Kurang Paparan Sinar Matahari

Penyakit kekurangan vitamin D ini bisa terjadi karena kurangnya paparan sinar matahari, khususnya adalah matahari pagi. Matahari pagi memiliki sinar UVB yang baik untuk kesehatan, ia berfungsi sebagai pembentuk vitamin D di bawah kulit. Pada umumnya, untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, diperlukan waktu berjemur di bawah matahari kurang lebih 15 hingga 20 menit.

Kekurangan Asupan Makanan Vitamin D

Vitamin D biasanya didapatkan dari produk susu seperti susu, sereal dan keju. Ia juga bisa di temukan pada beberpa ikan tertentu.

Faktor yang mempengaruhi Produksi Vitamin D

Warna Kulit

Warna kulit putih lebih baik dalam penerimaan vitamin D dari sinar matahari. Hal ini karena kulit dilindungi oleh melanin yang berfungsi sebagai barier atau pelindung sinar matahari. Jadi semakin sedikit melanin kulit (kulit putih) maka akan semakin baik dalam penyerapan vitamin D.

Baca juga:

Tempat tinggal

Seseorang yang bertempat tinggal di negara tropis akan sangat beruntung karena vitamin D dapat didapatkan sepanjang zaman. Berbeda halnya dengan negara subtropik yang memiliki lebih sedikit sinar matahari dibandingkan dengan negara tropis.

Waktu

Matahari pagi adalah matahari yang memberikan vitamin D pada tubuh, sinar matahari pagi akan sangat baik dalam membantu pembentukan vitamin D. Sinar matahari yang baik dalam pembentukan vitamin D ini ada pada jam sebelum jam 11 pagi. Di atas dari jam 11, maka sifat dari sinar matahari bukan lagi membantu pembentukan vitamin D, tapi bisa merusak kulit hingga penyebab kanker kulit pada beberapa orang.

Cuaca

Cuaca akan sangat berpengaruh dalam membantu proses terbentuknya vitamin D dalam tubuh. Jika sinar matahari tertutup oleh awan karena mendung atau polusi udara yang menutup langit dari masuknya cahaya matahari maka vitamin D akan sulit untuk di dapatkan.

Usia

Semakin tua usia seseorang, maka fungsi tubuhnya pun juga semakin menurun. Khususnya adalah sistem pencernaan yang menua akan kesulitan dalam penyerapan kalsium. Maka, untuk itu sangat dianjurkan untuk mendapatkan suplemen vitamin D.

Gejala Kekurangan Vitamin D

Pada beberapa orang, kekurangan vitamin D tidak menimbulkan gejala hingga bertahun-tahun lamanya. Tanda dan gejala kekurangan vitamin D adalah sebagai berikut:

Nyeri tulang

Vitamin D berfungsi membantu penyerapan kalsium untuk tulang. Tulang tidak akan mendapatkan tambahan kalsium yang diserap oleh sistem pencernaan jika paparan sinar matahari tidak cukup. Tulang akan menjadi rapuh dan bisa menimbulkan nyeri tulang.

Penurunan Fungsi Otak

Vitamin D juga membantu segala proses yang ada di otak. Jika otak kekurangan support dari vitamin D, maka otak akan sulit untuk berkonsentrasi.

Kegemukan

Kegemukan bisa terjadi karena kurang aktivitas. Dipastikan jika seseorang kurang aktivitas dalam dan luar ruangan memiliki gaya hidup yang tidak sehat baik asupan makanan yang mengandung vitamin D yang kurang hingga malas bergerak atau hanya melakukan aktivitas di dalam ruangan.

Penyakit-penyakit kekurangan vitamin D

Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang progresif dan kronis. Dampak dari penyakit ini tidak nampak oleh mata. Osteoporosis itu sendiri adalah kekurangan kepadatan tulang karena kekurangan kalsium dan vitamin D. Osteoporosis akan sangat berisiko terjadi patah tulang.

Pada wanita yang berusia atau sudah menopause , ia akan mengalami kekurangan hormon estrogen. Hormon ini bertanggungjawab dalam penyerapan kalsium dari pencernaan hingga mencapai tulang. Jadi, ini lah kenapa banyak wanita usia senja sudah bongkok.

Wanita yang memiliki paparan sinar matahari yang kurang seperti pada wanita berhijab akan memiliki risiko terserang penyakit ini di usia muda.

Diabetes

Diabetes adalah penyakit dengan kadar gula darah tinggi. Jika gula darah tinggi, kemungkinan juga disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Vitamin D mampu mampu meningkatkan produksi insulin dari pankreas.

Meskipun hubungan antara vitamin D dan penyakit diabetes belum sepenuhnya dibuktikan, tapi sebuah penelitian menunjukan bahwa jika seseorang memiliki kadar vitamin D yang cukup di dalam tubuh (lebih dari 30µg/mL), maka ia akan memiliki risiko yang lebih rendah mengidap penyakit diabetes dan penyakit kolesterol.

Baca juga Manajemen Diabetes agar Diabetes Terkontrol

Multiple Sclerosis

Ini adalah penyakti autoimun yang bisa terjadi kerena kekurangan vitamin D. Penyakit ini adalah penyakit yang menyerang sistem saraf kerena selubuh myelin sel saraf menjadi lumpuh. Pada umumnya, penyakit ini menyerang anak-anak yang kekurangan vitamin D.

Rheumatoid Arthritis

Ini adalah penyakit yang biasa terjadi pada anak-anak. Prheumatoid arthritis ini adalah penyakit yang menyebabkan pelunakan tulang. Penyebabnya dapat dipastikan adalah kekurangan kalsium dan vitamin D.

Solusi bagi para Hijabers

Memang menjadi wanita m0slim yang taat harus menutup aurat dengan baik, dengan berhijab maka aurat dapat ditutup dengan rapat. Tapi, hal ini ternyata dapat menjadi masalah kesehatan. Jika Anda adalah wanita karir yang berhijab, jarang terkena sinar matahari, dan tinggal di negara subtropis misalnya, maka kebutuhan akan vitamin D akan sangat penting bagi Anda.

Untuk menghindari berbagai masalah kesehatan dan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D, Anda bisa mendapatkan suplemen vitamin D untuk membantu kebutuhan vitamin D Anda.

Jumlah suplemen vitamin D yang dianjurkan adalah 25 µg/1000UI maksimal per harinya.. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin d lebih dari kebutuhan tubuh. Kelebihan konsumsi suplemen vitamin D akan menyebabkan menumpuknya suplemen vitamin D di sistem pencernaan dan sulit untuk dikeluarkan karena ia adalah vitamin larut lemak.

Untuk mengetahui dosis suplemen vitamin D yang tepat untuk Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen ini. Optimalkan asupan, paparan sinar matahari, dan suplemen vitamin D untuk hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Vitamin D akan sangat diperlukan oleh wanita berhijab karena para wanita berhijab biasanya kurang paparan sinar matahari. Untuk itu Anda tidak perlu cemas, Anda bisa mencegahnya dengan cara meningkatkan paparan sinar matahari, mengkonsumsi makanan tinggi vitamin D, dan bantu dengan suplemen vitamin D.

Baca juga

Demikianlah artikel tentang Kekurangan vitamin D incar hijabers, semoga bermanfaat. Silakan isi kolom komentar jika Anda memiliki pengalaman tentang bagaimana mencegah kekurangan vitamin D dan share informasi ini agar para wanita m0slim tidak kekurangan vitamin D.

Lihat Komentar (1)

  • Saya bingung ada yang mengatakan sinar matahari yang bagus uvb itu di siang hari pukul, 10 pagi sampai jam 2 siang, ada yang mengatakan yang baik itu pagi hari sebelum jam 10 pagi mana yang benar nih