Cara Baru Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Cara Baru Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut orang berpuasa kadang lebih bau dibandingkan ketika tidak berpuasa. Bau mulut tentunya tidak mengenakkan, orang lain yang menciumnya pun akan minggat. Namun ternyata bau mulut pada orang yang berpuasa malah akan dibalas dengan bau yang sangat wangi nantinya di akhirat.

Ini dijelaskan dalam hadist Nabi Muhammad yang artinya:

“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi allah daripada bau minyak misk” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151)

Penyebab Bau Mulut saat Berpuasa

Bau mulut pada orang yang sedang berpuasa biasanya terjadi perubahan. Kenapa bau mulut saat berpuasa lebih berbau tajam dibandingkan yang tidak berpuasa? Berikut ini adalah penjelasan kenapa bau mulut saat berpuasa cenderung lebih tajam dan busuk.

Menurut sebuah sumber di everydayhealth.com mengatakan bahwa secara umum bau mulut pada seseorang disebabkan oleh bakteri atau jamur di mulut. Selain itu bau mulut juga disebabkan oleh berbagai kondisi seperti gigi berlubang, karang gigi (baca juga Cara Membersihkan Karang Gigi Sampai Bersih!), masalah gusi, sariawan, dan bercak-bercak putih pada lidah akibat endapan asam. Serta berbagai masalah paru-paru dan lambung yang menyebabkan keluarnya gas yang berbau ke bagian mulut.

Bau mulut pada orang berpuasa biasanya disebabkan karena ada senyawa sulfur yang mengendap di dalam rongga mulut. Karena puasa kita tidak boleh makan dan minum, akibatnya zat sulfur ini mengendap di rongga mulut dan tidak larut ke dalam lambung bersama makanan sehingga muncul lah bau mulut yang khas ketika berpuasa.

Faktor Penyebab Bau Mulut saat Puasa

Selain itu ada beberapa faktor yang membuat orang yang berpuasa memiliki bau mulut yang sangat menyengat:

  • Bakteri dalam mulut yang terlampau banyak karena ada sisa makanan yang terselip di sela gigi. Sisa makanan tersebut akan dipecah bakteri hingga ia akan menghasilkan sulfur yang berbau tidak enak.
  • Berpuasa artinya membatasi minum. Rongga mulut secara fisiologis akan dilumasi dan dilindungi oleh air liur. Karena air liur yang terbatas saat puasa, maka bakteri dalam mulut pun akan tumbuh lebih banyak.
  • Penyebab bau mulut bisa dihasilkan oleh masalah pencernaan atau masalah paru-paru.

Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Saat berpuasa, pastinya kita tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman, sehingga bau mulut akan sulit untuk dihilangkan. Namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bau mulut saat puasa tidak mengganggu pergaulan Anda, dan puasa pun bisa tetap lancar.

1. Sikat gigi

Karena penyebab dari bau mulut adalah bakteri dan sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut, maka cara yang paling mudah untuk menghilangkan bau mulut saat puasa adalah dengan menyikat gigi. Sikat lah gigi saat Anda selesai makan sahur. Dengan menyikat gigi saat sahur, maka segala sisa makanan tidak akan menghasilkan bau mulut.

2. Sering berkumur

Berkumur saat bulan puasa tidak membatalkan puasa, lain hal nya jika berkumur kemudian airnya sengaja ditelan. Untuk menghilangkan bau mulut saat puasa, sangat dianjurkan untuk sering berkumur-kumur. Sebenarnya berkumur sudah cukup dan sering dilakukan ketika berwudhu. Namun jika Anda masih merasa bau mulut yang tak berkurang, Anda bisa berkumur dengan obat kumur yang tersedia di rumah.

Selain itu Anda juga bisa lakukan beberapa Langkah-langkah Menghilangkan Bau Mulut yang baik dilakukan.

Itulah beberapa penjelasan kenapa bau mulut cenderung menghampiri orang yang sedang berpuasa, dan cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Cobalah lakukan dua cara yang telah dijelaskan diatas, cukup 2 saja, maka bau mulut saat Anda puasa bisa berkurang, dan puasa Anda pun tetap lancar tanpa membatalkannya.