Apa yang Terjadi pada Tubuh ketika Puasa Ramadhan 1 Bulan Penuh?

Apa yang Terjadi pada Tubuh ketika Puasa Ramadhan 1 Bulan Penuh

Ramadhan adalah bulan berpuasa. Berpuasa selama 1 bulan penuh tentunya menjadi suatu kewajiban bagi yang mampu menjalankannya. Beberapa orang mungkin akan lemas atau malah sebaliknya, penuh energi setelah berpuasa 1 bulan penuh di bulan ramadhan. Namun, kebanyakannya orang yang berpuasa 1 bulan penuh akan memberikan manfaat yang luar biasa pada kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh Anda ketika Anda berpuasa 1 bulan penuh di bulan Ramadhan.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Setelah Berpuasa Ramadhan?

1. 1 Minggu Pertama (Berat Badan Menjadi Ideal)

Ketika tubuh Anda membakar lemak untuk menghasilkan energi saat berpuasa, maka berat badan Anda akan menurun yang sangat bermanfaat bagi orang yang gendut. Namun menurunnya berat badan bukan berarti semua orang akan menurun berat badannya selama berpuasa. Beberapa orang yang kurus malah sebaliknya, ia akan meningkat berat badannya selama berpuasa. Berat badan malah bertambah karena biasanya seseorang akan banyak makan saat sahur atau saat berbuka puasa.

Berpuasa tentunya akan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Jadi, berat badan akan semakin ideal, dan penyakit jantung dan pembuluh darah akan menurun.

2. Setelah 2 Minggu (Menurunkan tekanan darah dan Meremajakan organ tubuh)

Dalam beberapa hari setelah berpuasa, ginjal Anda akan meningkatkan produksi garam dan air dalam proses yang dikenal sebagai proses diuresis, jadi Anda akan banyak kencing saat berpuasa. Jadi jika kadar garam dan air di dalam tubuh dikeluarkan oleh ginjal, maka tekanan darah tinggi akan bisa menjadi kembali normal dan stabil.

Selain itu, semua struktur organ di dalam tubuh akan kembali diperbaiki, kemudian hormon anti penuaan akan dikeluarkan sehingga Anda akan nampak lebih muda.

3. Setelah 3 Minggu (Pengeluaran racun dari tubuh)

Proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh adalah proses yang sangat bermanfaat selama berpuasa. Tubuh Anda akan membersihkan diri dari segala racun yang ada di dalam tubuh. secara normal energi akan digunakan untuk proses pencernaan untuk mengeluarkan toksin yang ada di dalam tubuh, memperbaiki luka atau jejas sel dan membentuk sel-sel sehat yang baru.

Proses detoksifikasi terjadi di semua organ tubuh termasuk usus besar, hati, ginjal, paru-paru, limpa, dan kulit. Proses detoksifikasi ini bisa meningkat selama seseorang berpuasa. Zat-zat kimia dan toksin yang telah diserap dari makanan dan lingkungan akan menurun ketika seseorang berpuasa.

4. Setelah 1 Bulan (Mengembalikan Fungsi Pencernaan)

Sistem pencernaan, dari mulut hingga rektum sering kali sangat terbebani dengan banyaknya makanan yang masuk. Dalam keadaan berpuasa sistem pencernaan akan memperbaiki dirinya sendiri dalam mencerna makanan dan penyerapan nutrisi. Lapisan lambung dan pencernaan akan mengembalikan kekuatan otot-ototnya, dan mengeluarkan zat sisa yang tidak berguna bagi tubuh.

Itulah beberapa manfaat berpuasa 1 bulan penuh selama bulan Ramadhan. Mudah-mudahan informasi kesehatan ini akan membuat Anda semakin semangat untuk berpuasa di bulan ramadhan ini. Selalu ingat jika Anda merasa tidak enak badan selama puasa, Anda harus memeriksakan diri Anda ke dokter dan selalu jaga status cairan Anda dengan minum air yang cukup saat sahur dan berbuka (baca juga Minum Air 8 Gelas Perhari Malah Berbahaya). Semoga Anda selalu sehat selama bulan Ramadhan!

Baca juga