Peran Mulut Untuk Pencernaan Makanan

Peran Mulut Untuk Pencernaan Makanan

Alat pencernaan manusia terdiri dari berbagai organ. Pencernaan adalah proses menghaluskan makanan menjadi bentuk yang bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Fungsi organ pencernaan secara umum adalah untuk mencerna makanan yang nantinya untuk menutrisi tubuh. Saluran pencernaan makanan merupakan saluran yang menerima makanan dari mulut sampai anus. Proses pencernaan meliputi mengunyah,  menelan, dan pencampuran dengan berbagai enzim pencernaan. Pencernaan secara terurut adalah dari mulut, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, dan terakhir adalah anus.

Pada kesempatan kali ini kita akan memahami sistem pencernaan yang pertama yaitu mulut. Mulut adalah organ pencernaan yang pertama yang bertugas untuk menghaluskan makanan agar bisa ditelan masuk ke dalam lambung, kita tidak bisa makan dengan langsung telan bulan, oleh karenanya di mulut ada gigi yang membantu melunakkan makanan walaupun keras dan besar-besar.

Lidah

Tanpa lidah, gigi tidak akan bekerja dengan maksimal dan akan terganggu pengunyahannya karena dengan lidah, makanan bisa dibolak-balik untuk terus dikunyah sampai halus. Lidah juga membantu dalam proses penelanan makanan, tidak hanya itu lidah juga berperan sebagai pelindung selaput mulut terhadap makanan yang sangat panas, dingin, adam, dan basa. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lanjutkan membaca tentang lidah di bab tentang indra.

Gigi

Struktur gigi

Gigi berfungsi untuk menghaluskan makanan, maka gigi dan lidah mempunyai kerjasama yang apik dalam mengunyah makanan. Gigi terbentuk dari dentin yang tersusun dari kalsium karbonat yang sama halnya dengan tulang kita. Gigi juga mempunyai fungsi lain sebagai pembantu enzim-enzim pencernaan makanan agar mampu mencerna dengan baik. Gigi manusia mengalami pertumbuhan sejak masa kecil berupa gigi susu, dan gigi permanan saat beranjak dewasa. Gigi mempunyai susunan sebagai berikut:

  1. Gigi seri atau bahasa latinnya adalah dens insisivus yaitu gigi yang jumlahnya 8 buah berfungsi sebagai mengunyah makanan dan memotong-motongnya, gigi ini nampak pada gigi kelinci.
  2. Gigi taring atau dens canivus adalah gigi yang jumlahnya ada 4 buah dengan fungsi merobek makanan, gigi ini kita kenal pada gigi binatang karnivora atau pemakan daging.
  3. Gigi geraham kecil atau dens premolare yaitu gigi geraham kecil yang berjumlah 8 buah, fungsinya sebagai pengunyah makanan, gigi ini biasa kita temukan pada hewan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Dari susunan gigi diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa gigi anak yang berumur 6 hingga 14 tahun akan digantikan dengan gigi permanen yang berjumlah keseluruhan sebanyak 32 buah, artinya gigi anak-anak bertambah 12 buah.

Gigi mempunyai struktur yang berlapis-lapis:

  1. Email adalah lapisan paling keras di gigi, kandungannya didominasi oleh kalsium.
  2. Dentin adalah tulang gigi yang tersusun dari kalsium karbonat, lapisan ini tepat di bawah email gigi.
  3. Pulpa atau kita bisa sebut ini adalah sumsumnya gigi, bagian ini adalah bagian berongga dari gigi, ia mempunyai pembuluh darah kecil dan juga saraf, jika kita sakit gigi, artinya lubang di gigi kita sudah masuk sampai pulpa.
  4. Dan yang terakhir adalah semen atau lapisan pelapis denting yang masuk tembus ke rahang.

Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah terletak di mulut menghasilkan air liur. Kelenjar ludah ini mempunyai 3 pasang, yaitu;

Kelenjar ludah
Sumber Gambar: wikipedia.com
  1. Parotis yang terletak dibawah telinga yang mensekresikan enzim ptialin.
  2. Submandibularis terletak di bawah rahang bawah yang mensekresikan getah yang mengandung air dan juga lendir.
  3. Sublingualis terletak tepat dibawah lidah untuk menghasilkan getah yang sama pada kelenjar submandibularis.