Peran Laki-laki Mencegah Kepunahan

Peran laki-laki mencegah kepunahan Sumber Gambar: pexels.com

Untuk melangsungkan hidup, manusia memerlukan hal yang membuat manusia tidak akan punah di muka bumi. Manusia harus melestarikan kelangsungan hidupnya dengan cara berkembang biak. Berkembang biak erat kaitannya dengan alat reproduksi. Kali ini kita akan membicarakan alat reproduksi laki-laki. Alat reproduksi pria harus terjaga dengan baik agar bisa menghasilkan keturunan. Secara garis besar alat reproduksi pria terbagi menjadi dua, yaitu alat reproduksi luar dan dalam.

Alat Reproduksi Laki-laki Bagian Luar

Zakar adalah alat reproduksi laki-laki bagian luar, fungsinya adalah untuk memasukkan benih-benih sp*rm* ke dalam alat reproduksi wanita melalui perkawinan. Ia layaknya seperti suntikan yang bertugas untuk menyuntik dan kemudian mengeluarkan isi dari suntikan tersebut. Ia ini seperti spons yang dapat melar dan kuncup karena ia dilapisi oleh otot yang dapat tegang. Proses tegangnya alat reproduksi biasanya disebut dengan ereksi, ereksi terjadi karena suplai darah ke area kelamin meningkat karena disebabkan oleh rangsangan. Ia juga memiliki kulup di bagian depannya, dan biasanya kulup ini dipotong.

Proses selanjutnya setelah ereksi adalah ej*kul*si, atau proses penyemprotan sp*rm* keluar dari testis. Selama ej*kul*si otot-otot yang ada di saluran sp*rm* akan menegang dan menyebabkan berjalannya sp*rm* keluar dari testis. Proses ej*kul*si ini tidak bisa dibarengi dengan kencing karena sudah diatur sedemikian sempurna.

Alat Reproduksi Laki-laki Bagian Dalam

1. Testis

Testis adalah organ yang sangat berperan penting bagi pria, bentuknya seperti telur puyuh dan dibungkus oleh kantong yang disebut skrotum. Testis pada laki-laki berjumlah satu pasang, kiri dan kanan. Fungsinya adalah sebagai pabrik penghasil sp*rm*  dan juga sebagai hormon kelelakian (testosteron).

Sekarang kita beralih ke skrotum. Skrotum adalah  organ yang sangat unik karena dilapisi kulit yang berkerut-kerut, ia berfungsi sebagai pengatur suhu optimal bagi pembentukan sp*rm*. Ia akan mengerut jika udara luar terlalu dingin dan ini akan mendekatkan testis ke arah tubuh untuk mendapatkan suhu yang lebih hangat, dan begitu juga sebaliknya jika suhu udara terlalu panas.

Secara detail, tempat pembentukan sp*rm* bukanlah di dengkul, tapi terletak di tubulus seminiferus. Untuk jelasnya dimana letaknya bisa dilihat pada gambar.

Struktur organ laki-laki

2. Epididimis

Epididimis adalah organ dalam laki-laki yang bentuknya seperti usus. Letaknya tepat diatas testis. Epididimis ini nantinya akan menyeleksi sp*rm*, mengangkut, dan memenuhi kebutuhan nutrisi sp*rm* sebelum sp*rm* dikeluarkan. Berkat epididimislah sp*rm* menjadi sp*rm* yang sangat subur dan mampu untuk membuahi sel telur.

3. Vas Deferens

Vas deferens ini bentuknya seperti silinder, fungsinya sebagai tempat penampungan sp*rm* dan sebagai lalu lintas sp*rm*. Ketika penyimpanan sp*rm* di vas deferens sudah siap untuk dikeluarkan, maka vas deferens akan mendorong sp*rm* dengan sangat kuat sehingga sp*rm* dapat dimuncratkan.

4. Kelenjar-kelenjar

  • Kelenjar pertama adalah kelenjar vesikula seminalis. Fungsinya adalah untuk mensekresikan cairan yang bersifat basa (pH di bawah 7,3), vitamin-vitamin, mukos, froktusa atau zat gula yang berfungsi sebagai zat penambah energi sp*rm*, protein, enzim, dan prostaglandin.
  • Kelenjar prostat, yaitu kelenjar yang terletak tepat di bawah kandung kemih, fungsinya adalah untuk mensekresikan cairan yang berwarna keputih-putihan. Sama halnya dengan kelenjar yang disekresikan oleh kelenjar  vesikula seminalis, kelenjar ini mensekresikan nutrisi bagi sp*rm* berupa; fosfolipid, asam sitrat, dan juga antikoagulan.
  • Kelenjar Bulbouretra adalah sepasang kelenjar yang berfungsi untuk menghasilkan pelumas alami ke dalam saluran-saluran untuk ej*kul*si. Kelenjar ini terletak tepat di bawah kelenjar prostat. Dengan adanya pelumas di area saluran sp*rm*, makasp*rm* sangat terbantu untuk diej*kul*sikan. Bagi orang islam, cairan ini adalah najis yang mesti dibersihkan, beda halnya dengan sp*rm* yang bersifat suci.

5. Saluran Urin

Saluran urin adalah saluran yang terletak di dalam alat reproduksi, fungsinya tak lain sebagai saluran saja. Sp*rm* dapat melewati saluran ini, begitu juga dengan urin ketika buang air kecil.

Jadi, untuk melangsungkan kehidupan manusia agar tidak punah adalah dengan cara berkembang biak, dari sisi laki-laki organ reproduksinya sudah kita bahas sama-sama di atas. Semoga dengan tulisan singkat ini bisa menambah pemahaman kita akan sistem reproduksi laki-laki. Silakan berikan komentar jika ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan.