Kulit dan Fungsi Hebatnya

Kulit dan fungsi hebatnya

Pada halaman ini kita akan berkenalan lebih jauh dengan tampilan fisik manusia. Yang menentukan manusia berkulit gelap atau terang adalah kulit, berikut beberapa hal yang akan kita bahas dari kulit, yaitu pengertian kulit dan fungsi-fungsinya.

Pengertian

Kulit adalah organ terluas di tubuh kita. Terluas? Ya, organ yang terluas di tubuh kita adalah kulit, bukannya paru-paru atau hati. Kenapa demikian? Kulit adalah sebuah sistem, ia terdiri dari berbagai macam struktur dan fungsi yang berbeda pula. Dalam bahasa Inggris, kulit adalah skin atau bisa juga integument, yang artinya kulit atau pembungkus.

Kenapa dikatakan bahwa kulit adalah organ terluas manusia, itu karena kulit manusia dewasa umumnya memiliki luas permukaan antara 1,5 sampai 2 meter persegi, namun luas ini semakin luas jika orang dewasa tersebut mempunyai bobot tubuh yang besar atau tinggi. Jadi, organ yang kita anggap paling besar pada awalnya adalah hati, ternyata hati tidak seluas kulit.

Kulit manusia pada dasarnya mirip dengan kulit mamalia, seperti monyet, kera, harimau, dan lainnya. Perbedaannya terletak pada folikel atau rambut pada permukaan kulit. Meskipun manusia juga memiliki rambut di permukaan kulitnya, perbedaannya hanyalah jumlah, warna, dan lokasi rambut. Kulit manusia umumnya mempunyai jumlah rambut yang jarang, dan yang terbanyak adalah di daerah tertentu saja, seperti rambut di kepala, ketiak, wajah, dan k*malu*n. Jadi, kulit dapat terbagi menjadi dua macam; kulit berbulu dan tidak berbulu.

Fungsi Kulit

Pelindung

pelingdung matahari

Peran kulit adalah melindungi organ dalam dari berbagai macam hal seperti mikro organisme atau kuman, sinar matahari, terbentur, dan zat kimia. Tanpa kulit yang menutupi tubuh kita, semua bahaya akan sangat mudah menembus tubuh kita. Sebagai contoh, jika kulit rusak karena terluka, maka jika luka tersebut terpapar dengan kotoran, akan sangat mudah sekali terjadi infeksi mikro organisme.

Indra Peraba

Indra Peraba

Kulit mempunyai banyak sekali ujung-ujung saraf tubuh (untuk lebih jelaskan silakan baca Otak manusia luar biasa), jadi kita dapat merasakan berbagai hal dari luar melalui kulit, rangsangan tersebut biasanya berupa rasa panas, dingin, sakit, dan rabaan.

Alat Ekskresi

ekskresi kulit

Ekskresi adalah pengeluaran zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, kulit berperan dalam mengekskresikan keringat, karena keringat merupakan sisa metabolisme yang terdiri dari beberapa unsur yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Jumlah keringat yang dapat dikeluarkan oleh kulit kurang lebih 1 liter dalam sehari, jumlah ini bisa meningkat jika dibarengi dengan aktivitas berat seperti olah raga. Keringat dapat keluar dari kulit melalui pori-pori kulit (rongga kecil pada permukaan kulit).

Pengatur Suhu Tubuh

Kulit akan terus menjaga agar tubuh tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan, artinya kulit mempertahankan suhu dalam tubuh agar tidak berubah-ubah mengikuti lingkungan sekitar. Proses pengaturan suhu tubuh ini dilakukan dengan cara mengatur panas keluar dan masuk dari tubuh.

Gudang Lemak

Gudang lemak bawah kulit

Lapisan kulit yang berperan dalam penyimpanan lemak adalah lapisan yang tepat berada dibawah lapisan dermis. Lemak ini akan dipecah kembali menjadi energi jika diperlukan.

Pembuat Vitamin D

Vitamin D yang berasal dari makanan akan di modifikasi oleh kulit yang pada akhirnya akan membentuk zat pembentuk tulang di hati dan ginjal Sumber Gambar: wikipedia.com

Pada kulit terdapat provitamin D yang berasal dari makanan yang kita makan, dengan bantuan ultraviolet matahari, vitamin D tersebut akan segera diubah menjadi vitamin D.

Jadi, kulit adalah organ yang sangat penting bagi tubuh kita, tanpanya kita akan banyak masalah. Demikianlah tulisan singkat mengenai kulit dan fungsinya, semoga dapat menambah wawasan kita tentang kulit. Jika masih belum mengerti atau punya beberapa pertanyaan, bisa ditanyakan langsung pada kolom komentar.