Tips Agar Tenang Makan Daging Idul Adha

Tips Agar Tenang Makan Daging Idul Adha

Kolesterol

Kolesterol merupakan zat yang sangat dihindari. Ia adalah senyawa yang dihasilkan oleh tubuh, khususnya organ hati. Dan sisanya didapat dari makanan. Kolesterol ini ada dua macam:

  1. LDL (Low Density Lipoprotein) yang biasa kita sebut dengan kolesterol jahat. Kolesterol ini adalah kolesterol yang sangat berbahaya bagi tubuh dan harus dihindari. Kolesterol ini adalah biang dari penyakit pembuluh darah atau arterosklerosis. Jika kolesterol jahat membentuk plak di dinding pembuluh darah, ia akan menghalangi jalannya aliran darah. Dan pada akhirnya, berbagai penyakit seperti jantung koroner, stroke, dan lainnya dapat terjadi.
  2. HDL (High Density Lipoprotein) yang mampu mencegah kolesterol jahat yang merusak tubuh untuk mengendap. Kolesterol ini dikenal dengan nama kolesterol baik.

Fungsi Kolesterol

Kolesterol mempunyai fungsi yang sangat diperlukan tubuh, karena kolesterol membentuk membran atau dinding sel dan juga hormon-hormon. Ia juga komponen yg penting dalam pembuatan asam empedu, steroid, dan vitamin D di dalam tubuh.

Kadar Kolesterol Normal

  • Kadar kolesterol total normal adalah sekitar kurang dari 200 mg/dl.
  • Kadar kolesterol jahat kurang dari 100 mg/dl
  • Kadar kolesterol baik adalah lebih dari 50 mg/dl.

Masih dalam suasana idul adha. Sekarang adalah waktunya pesta makan-makan. Makan terlalu banyak daging sering dianggap sebagai penyebab darah tinggi, karena kandungan kolesterol jahatnya.  Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena Banua Sehat punya tips-tips untuk menurunkan kolesterol jahat, yaitu dengan cara makan makanan penurun kadar kolesterol jahat di tubuh.

Berikut ini adalah asupan makanan penurun kolesterol jahat setelah pesta daging Idul Adha:

Almond

almond

Nutrisi yang terkandung dalam almond mampu menurunkan kolesterol jahat. Beberapa studi yang pernah dilakukan menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi almond dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Oat

oat
Sumber Gambar: wikipedia.com

Oat adalah serat larut yang sangat efektif menurunkan kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsi semangkok oatmeal sudah mampu menurunkan kadar kolesterol.

Salmon

Salmon
Sumber Gambar: wikipedia.com

Salmon mengandung kadar omega 3 yang sangat baik untuk mengurangi kolesterol jahat. Tidak hanya itu, salmon juga memiliki protein yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Jus jeruk

jus jeruk

Jus jeruk mengandung anti oksidan yang baik untuk meningkatkan kolesterol baik. Dengan meningkatnya kolesterol baik, maka kolesterol jahat akan dapat diturunkan. Zat anti oksidan yang menurunkan kolesterol jahat ini adalah vitamin C.

Minyak Zaitun

minyak zaitun
Sumber Gambar: wikipedia.com

Minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol jahat, ini telah dibuktikan bahwa minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, inilah yang mampu menurunkan kolesterol jahat.

Teh hijau

teh hijau
Sumber Gambar: wikipedia.com

Teh hijau adalah anti oksidan yang baik untuk mengobati berbagai penyakit. Dengan meminum secangkir teh hijau mampu mengurangi kolesterol jahat.

Alpukat

alpukat
Sumber Gambar: wikipedia.com

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak tak jenuh. Alpukat mampu menurunkan kolesterol jahat dari lemaknya ini.

Biji Bunga Matahari

biji bunga matahari
Sumber Gambar: wikipedia.com

Biji bunga matahari adalah makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi. Ia mengandung sterol yang mampu melawan kolesterol jahat. Biji bunga matahari sering kita jumpai dalam bentuk kemasan ‘kwaci’

Itulah beberapa makanan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat paska pesta daging idul adha. Tapi perlu diingat kembali bahwa meskipun makanan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, Anda tetap harus menjaga dan mengontrol konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat karena sumber kolesterol tinggi didapat dari makanan, sebelum penyakit-penyakit dari kolesterol jahat bermunculan. Intinya pencegahan lebih baik daripada kolesterol jahat.

Baca juga: