Mitos dan Fakta Bahaya Mandi Malam

Mitos dan Fakta Bahaya Mandi Malam Foto: pixabay

Banyak orang mengatakan bahwa mandi malam mampu mengundang berbagai macam penyakit. Atau bahkan kita sering mendapat teguran dari orangtua untuk tidak mandi malam. Namun benarkah mandi malam berbahaya bagi kesehatan? Mari kita simak beberapa mitos dan fakta bahaya mandi malam.

Mitos dan Fakta Bahaya Mandi Malam

Mitos:

“Mandi malam menyebabkan penyakit rematik”

Fakta:

Rematik adalah salah satu penyakit radang persendian yang disebabkan oleh autoimun yang sangat aktif. Sistem imun yang sangat aktif tersebut tidak mengenali dengan baik anggota tubuhnya. Maka biasanya penyakit ini menyerang orang-orang tua.

Tanda dan gejala dari penyakit rematik ini adalah nyeri sendi, sendi kemerahan, sendi teraba hangat, dan sulit untuk digerakkan. Faktanya, mandi malam tidak menyebabkan seseorang menderita rematik. Bukan mandi malam penyebab utamanya, tapi sistem imun yang terlalu aktif menyerang sendi. Mandi malam hanyalah menambah rasa nyeri pada sendi karena suhu udara dan air yang dingin. Kesimpulannya, mandi malam penyebab rematik adalah mitos.

Baca juga: Ganglion adalah hal yang harus Anda ketahui Sebelum Menyerang Sendi

Mitos:

“Mandi malam penyebab penuaan dini”

Fakta:

Menjadi tua adalah pasti, namun ada beberapa orang yang menjadi cepat tua. Penuaan dini adalah proses di mana sel dalam tubuh menua dan cepat mati. Penuaan dini terjadi karena zat perusak, salah satu contohnya adalah radikal bebas yang ada di r*kok. Mandi malam bukan lah salah satu radikal bebas yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh menjadi mati, namun mandi malam hanyalah aktivitas yang meningkatkan metabolisme karena tubuh memerlukan energi ekstra untuk melawan suhu dingin.

Kesimpulannya, mandi malam bukanlah penyebab penuaan dini.

Mitos:

Mandi malam menyebabkan paru-paru basah

Fakta:

Paru-paru basah atau dalam istilah kedokteran adalah efusi pleura. Efusi pleura terjadi karena cairan pelumas di paru-paru menjadi berlebihan, sehingga mengganggu pergerakan paru-paru. Paru-paru basah ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang ada di udara. Penderita biasanya memiliki gejala seperti batuk, sulit bernapas, hingga demam.

Mandi malam kemungkinan bukanlah penyebab pasti dari penyakit paru-paru basah ini. Tapi ia bisa jadi faktor pendukung terjadinya paru-paru basah.

Mandi malam dapat menurunkan suhu tubuh, kemudian tubuh akan menurun proses metabolismenya. Karena metabolisme yang menurun ini, maka proses perlawanan terhadap bakteri dan virus di udara akan terganggu dan tidak maksimal. Akhirnya seseorang mudah terserang flu. Flu yang berkepanjangan dapat mengarahkan ke penyakit paru-paru basah.

Kesimpulannya, mitos mandi malam menyebabkan paru-paru basah adalah mitos, tapi ia hanyalah sebagai faktor pendukung terjadinya paru-paru basah.

Baca juga : Proses Bernafas dan Struktur Paru-paru Manusia

Mitos:

“Asam urat dapat terjadi karena mandi malam”

Fakta:

Asam urat adalah penyakit yang menyerang sendi-sendi. Sendi-sendi menjadi sakit dan kaku karena terbentuknya kristal-kristal asam urat di dalam tubuh yang menumpuk dan tidak maksimal dikeluarkan dari tubuh. Penyakit asam urat mirip dengan rematik, tapi mereka berbeda dari penyebabnya. Asam urat disebabkan oleh makanan yang mengandung zat purin seperti kacang-kacangan, jeroan, makanan kaleng, dan lainnya.

Mandi malam bukanlah penyebab terjadinya asam urat. Namun, asam urat ini terjadi karena faktor makanan. Makanan yang mengandung purin tinggi akan menambah rasa sakit di sendi, udara dingin dan air saat mandi malam akan menyebabkan bertambahnya nyeri pada sendi.
Kesimpulannya, mandi malam menyebabkan asam urat adalah mitos, tapi aktivitas mandi malam hanyalah menambah rasa nyeri pada sendi.

Baca juga: Probiotik: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Efek Samping

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa kebanyakan kepercayaan akan bahaya mandi malam merupakan mitos yang dipercaya sejak dulu. Seiring berkembangnya teknologi pada zaman ini, maka perlahan-lahan mitos yang diyakini sejak dulu mulai tersingkap kebenarannya. Mudah-mudahan dapat memberikan Anda pemahaman akan mitos dan fakta mandi malam, semoga bermanfaat!