Es Batu Hanya untuk Minuman? Ada juga Manfaat Es Batu untuk Wajah

Es Batu Hanya untuk Minuman Ada juga Manfaat Es Batu untuk Wajah

Es batu ternyata memiliki manfaat yang tidak terduga, Salah satu manfaat es batu untuk wajah adalah untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Namun menggunakan es batu untuk perawatan wajah ada aturannya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda menggunakannya.

Kenapa es batu memiliki manfaat yang luar biasa untuk wajah? Es batu yang memiliki manfaat untuk wajah adalah es batu yang bersih dan bebas dari bahan yang berbahaya. Es batu yang bersih adalah es batu dari air masak. Sedangkan es batu dari air yang tidak masak, kemungkinan ia akan mengandung bakteri atau yang malah akan merusak kulit wajah Anda. Kandungan yang ada di es batu pastinya sesuai dengan kandungan dari airnya. Jadi es batu memiliki mineral-mineral yang baik untuk kesehatan kulit.  Selain itu, suhu tertentu pada es batu juga ada manfaatnya pada kulit.

Manfaat es batu untuk wajah

1. Menjadikan kulit lebih halus

Kulit lembut dan halus adalah kulit yang mengandung cukup air di sel-selnya. Kulit akan menjadi lebih halus dan lembut dengan es batu karena es batu bersifat mencuci dan melembabkan kulit. Es batu akan memberikan kelembaban kulit secara alami karena es batu mengandung banyak air yang bisa menyerap ke dalam kulit.

Dengan demikian, es batu juga sangat baik untuk jenis kulit wajah kering. Kulit kering akan sangat mudah mendapatkan kelembutan dan kelembabannya secara alami dari es batu.

2. Mengurangi jerawat

Manfaat es batu selanjutnya adalah mengurangi jerawat. Es batu dapat mengurangi jerawat karena ia membersihkan dari debu dan kotoran yang menjadi cikal bakal terbentuknya jerawat. Selain itu jerawat pada umumnya disebabkan oleh pori-pori kulit yang terbuka lebar. Es batu yang memiliki suhu yang dingin mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga bakteri, kotoran, dan debu tidak akan masuk dan menyumbat pori-pori.

Jerawat yang menggembung dan nampak merah dapat mengempis dengan es batu, karena es batu secara umum mampu mengurangi bengkak-bengkak, termasuk jerawat.

Baca juga:

3. Mengurangi minyak berlebih

Wajah berminyak adalah jenis kulit wajah yang memiliki produksi kalenjar minyak berlebih. Kalenjar minyak yang terlalu aktif bisa diredam atau dikurangi dengan es batu. Es batu bermanfaat untuk wajah berminyak karena es batu mampu mengkonstriksikan pembuluh darah disekitar wajah, sehingga aliran darah atau hormon-hormon yang merangsang kelenjar minyak memproduksi minyaknya bisa berkurang. Baca juga Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak dengan Cepat

4. Mengurangi kantong mata

Kantong mata biasanya muncul karena kurang tidur, kantung mata akan nampak bengkak dan kehitaman. Pembengkakan pada kantong mata bisa diredakan dengan cara mengompreskannya dengan es batu. Sama halnya dengan mengompres bengkak pada umumnya.

Cara penggunaan es batu untuk perawatan wajah

Manfaat es batu untuk wajah bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang pastinya harus memakai es batu sebagai bahan dasarnya. Cara memakai es batu cukup diaplikasikan langsung ke permukaan kulit wajah. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan es batu dari air matang, jangan menggunakan es batu dari air mentah atau es batu yang belum bisa dipastikan kebersihannya. Alangkah lebih baik lagi jika es batu terbuat dari air dan bahan-bahan herbal seperti campuran mentimun, teh hijau, atau lemon.

    Es batu dengan campuran lemon

  2. Bersihkan wajah sebelum mengoleskan es batu ke wajah.
  3. Gunakan sarung tangan bersih jika Anda kesulitan memegang atau tidak tahan dengan rasa dingin dari es batu.
  4. Oleskan es batu ke wajah secara merata dan lembut.
  5. Oleskan es batu sampil dipijat-pijat area kulitnya.
  6. Lakukan dan ulangi secara rutin, namun jangan terlalu lama saat mengolesi wajah karena kulit bisa menjadi terasa panas dan kaku. Cukup lakukan selama 5-15 menit saja.

Itulah beberapa manfaat es batu untuk wajah. Ternyata es batu yang hanya digunakan sebagai bahan penyegar minuman, ia juga mengandung manfaat yang baik untuk wajah. Cobalah lakukan perawatan wajah dengan es batu secara rutin, dan berikan komentar Anda di kolom komentar mengenai hasil yang Anda peroleh. Selamat mencoba!