Cara Merawat Kulit Yang Paling Baik Dilakukan

Cara Merawat Kulit Yang Paling Baik Dilakukan Sumber Gambar pexels.com

Kulit adalah bagian tubuh yang paling penting dan paling menentukan penampilan seseorang. Saking pentingnya kulit, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk membuatnya tetap terjaga. Bahkan ada yang sampai rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit  untuk membuat kulit nampak sehat dan terjaga. Tapi jika Anda ingin merawat kulit tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun atau gratis, Anda bisa  melakukannya tanpa operasi plastik atau perawatan yang lainnya. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat kulit.

1. Banyak Minum Air

air minum
Sumber Gambar: pexels.com

Air merupakan hal yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup. Tak hanya itu, air juga mampu menjaga kesehatan kulit. Dengan hanya meminum air, Anda akan terhindar dari berbagai macam masalah kulit. Air juga mampu menghindari kulit dari keriput. Jumlah air yang diminum harus sesuai dengan takaran tubuh Anda, umumnya adalah 8 gelas sehari. Cara meminumnya adalah dengan cara sedikit-sedikit, bukan dengan meminum sekaligus. Jadi fungsi air di sini adalah sebagai pelembab alami kulit. Baca juga Minum Air 8 Gelas Perhari Malah Berbahaya

2. Tidur

Cara kedua untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan tidur. Jika Anda kurang tidur, maka kulit wajah akan nampak kusam, cepat keriput, dan menjadi kurang kencang. Hal ini karena tidur memberikan kesempatan kulit untuk memperbaiki diri, tanpa tidur atau kurang tidur akan menyebabkan proses peremajaan kulit terganggu. Jadi, jika Anda ingin kulit yang sehat dan terlihat segar, Anda harus mengatur waktu tidur. Secara standar waktu tidur adalah 6-8 jam. Dalam waktu tersebut, kulit mampu memperbaiki diri sendiri degan maksimal sehingga esok harinya Anda akan terlihat lebih segar.

tidur
Sumber Gambar: pexels.com

3. Hindari Paparan Sinar Matahari

pelingdung matahari

Jika Anda ingin kulit tak kusam, Anda bisa melakukannya dengan cara menghindari sinar matahari secara langsung. Ini karena sinar matahari mampu membuat kulit jadi kering dan kusam. Karena itulah alangkah baiknya jika Anda mengenakan pelindung jika Anda hendak keluar rumah, bisa dengan cara menggunakan payung, topi, atau sebagainya.

4. Hindari Makanan Manis

hkndari makanan manis

Makanan yang mengandung banyak gula akan menyebabkan kolagen dan elasti (bahan pengencang kulit) mengalami kerusakan. Jika sudah terjadi, maka kulit akan menjadi keriput dan kendur. Jadi Anda bisa mengurangi makan makanan manis untuk menjadi kulit tetap sehat. Anda boleh mengganti makan makanan manis dengan buah dan sayur. Ini jauh lebih bermanfaat karena buah dan sayur adalah sebagai sumber makanan yang banyak mengandung vitamin yang sangat bermanfaat dan baik untuk kulit tubuh Anda.

5. Rawat Kulit Secara Rutin

merawat wajah
Sumber Gambar pexels.com

Jika Anda hidup di daerah perkotaan, polusi udara sering membuat kulit Anda menjadi kusam. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan kulit Anda agar tetap sehat. Cucilah kulit Anda paling tidak 3 kali dalam sehari. Ini sangatlah penting karena polusi udara merupakan penyebab yang paling sering menyebabkan munculnya jerawat. Jadi merawat atau menjaga kulit Anda tetap bersih adalah cara yang paling bagus untuk menjaga kulit Anda.

6. Masker Alami

masker wajah
Sumber Gambar pexels.com

Masalah yang sering dialami kulit adalah kulit yang berjerawat, gunakan masker alami yang terbuat dari jagung muda untuk melawan jerawat. Untuk menghindari kulit yang kusam bisa menggunakan masker timun. Masker jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Baca juga Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak dengan Cepat

Jadi, semua perawatan yang diperlukan untuk kulit Anda tidak mesti harus mahal, Anda bisa menggunakan cara yang sangat murah. Hasilnya pun tak kalah dari perawatan yang mahal. Selamat mencoba dan silakan ceritakan hasil dari perawatan kulit Anda di kolom komentar ya. Sampai jumpa lagi di tips selanjutnya.