Cara Membersihkan Karang Gigi Sampai Bersih!

Cara Membersihkan Karang Gigi Sampai Bersih! Foto: pixabay

Karang Gigi

Plak gigi atau karang gigi adalah plak yang mengeras di gigi karena bakteri dalam mulut. Plak gigi ini terbentuk ketika bakteri mulut bercampur dalam protein makanan yang terselip di gigi. Jika protein ini tidak dibersihkan dengan baik, maka ia akan mengeras dan terbentuklah karang gigi.

Karang gigi
Foto: wikipedia

Bahaya karang gigi

Karang gigi awal mulanya terbentuk dari sisa makanan yang terselip di gigi yang akhirnya mengeras karena berbagai macam reaksi dengan bakteri mulut. Bahaya karang gigi bagi kesehatan gigi dan mulut adalah menyebabkan gigi goyang dan tanggal, penurunan gusi, pembengkakan gusi, gusi berdarah saat menyikat gigi, bau mulut, dan gigi berlubang. Baca juga Langkah-langkah Menghilangkan Bau Mulut.

Jenis-jenis karang gigi

Karang gigi memiliki dua jenis yang paling umum diketahui, jenis karang gigi tersebut adalah:

Supra Gingival Kalkulus

Supra gingival kalkulus adalah karang gigi yang melekat di permukaan gigi. Warna khas dari karang gigi ini adalah kuning keputihan, dengan konsistensi keras. Warna dari karang gigi jenis ini dipengaruhi oleh makanan yang dimakan atau aktivitas mer*kok. Karang gigi jenis ini sering menyerang satu gigi, kelompok gigi, hingga seluruh gigi. Ia sering dijumpai di bagian gigi geraham atas.

Sub gigival kalkulus

Sub gingival kalkulus adalah karang gigi yang berada di bagian bawah margin gingival. Pada kebanyakannya, jenis karang gigi ini tak nampak dari pemeriksaan. Konsistensinya padat dengan warna coklat, hijau, hingga kehitaman.

Artikel terkait:

Cara Membersihkan Karang Gigi

Banyak orang yang salah mengerti bahwa karang gigi bisa dibersihkan dengan berbagai cara alami, seperti cengkeh, biji asam kawak, dan ramuan tradisional lainnya. Cara-cara alami tersebut kurang begitu efektif, karena ia hanya bersifat membersihkan bakteri di dalam mulut, namun tidak efektif untuk langsung membersihkan karang gigi.

Ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi
Foto: pixabay

Untuk membersihkan karang gigi, maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter gigi, karena hanya ke dokter gigi lah Anda bisa menghilangkan karang gigi. Membersihkan karang gigi tidak bisa dilakukan sendiri karena hanya dokter gigi lah yang mengetahui anatomi gigi, cara menggunakan alat pembersih karang gigi. Jika dilakukan sendiri, kemungkinan akan membuat email gigi menjadi tipis dan merusaknya. Pada umumnya, dokter gigi akan menggunakan alat scaler untuk membersihkan karang gigi. Jenis-jenis scaler tersebut adalah:

  • Scaler ultrasonik
  • Scaler manual
  • Scaler supersonik

Scaler yang paling sering digunakan oleh dokter gigi untuk membersihkan karang gigi adalah scaler ultrasonik karena proses pembersihannya cukup cepat, mudah , dan tidak terasa nyeri pada gigi pasien. Artikel Terkait Cara Merawat Diri sesuai Anjuran Nabi.

Cara Mencegah karang gigi

Tak ada yang lebih baik dari pada tindakan pencegahan karang gigi, karena dengan mencegah, biaya tidak akan banyak terpakai untuk menghilangkan karang gigi. Untuk itu, berikut ini adalah cara-cara mencegah karang gigi yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Sikat gigi

Minimal dua kali dalam sehari menyikat gigi dapat mencegah terbentuknya karang gigi. Gunakanlah sikat gigi yang mudah menjangkau seluruh gigi, terutama bagian gigi graham.

2. Gunakan pasta gigi yang mengandung tinggi flouride

Flouride adalah zat yang mampu mencegah plak gigi berkembang di gigi. Tak hanya mencegah karang gigi, tapi ia juga mampu memperbaiki gigi yang rusak. Sebagai anjuran, gunakanlah pasta gigi yang mengandung flouride tinggi dan juga triclosan yang mampu melawan bakteri mulut penyebab terbentuknya karang gigi.

3. Flossing

Flossing adalah benang pembersih gigi. Flossing ini sangat efektif digunakan untuk menghilangkan karang gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Lakukanlah flossing setiap kali selesai menyikat gigi.

Demikianlah cara membersihkan karang gigi yang bisa Anda lakukan. Jangan sampai karang gigi mengusai gigi Anda. Selalu jaga kebersihan mulut agar tidak ada karang gigi yang akan muncul.