Bahaya Tidur Pagi! Hindari Sekarang Juga

Bahaya Tidur Pagi! Hindari Sekarang Juga

Tidur pagi hari adalah kebiasaan yang kurang baik. Lebih baiknya kebiasaan ini dihindari dan perlahan-lahan ditinggalkan. Jika Anda sering melakukan kebiasaan tidur pagi hari, maka Anda harus bersiap-siap dengan dampak negatifnya bagi kesehatan Anda. Meskipun sudah diketahui banyak orang bahwa tidur pagi berbahaya bagi kesehatan, namun karena suatu kondisi tertentu dan lainnya, maka seseorang tetap melakukannya. Tidur pagi memang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Berbagai hal menjadi alasan seseorang tidur siang, salah satu alasan yang paling umum adalah karena begadang malam harinya. Orang yang terjaga semalaman akan mengalami kantuk berat di pagi harinya. Godaan tidur pagi memang sangat berat, apalagi bagi seseorang yang memiliki profesi yang mengharuskannya untuk tetap terjaga sepanjang malam seperti profesi kesehatan sebagai contohnya.

Bahaya-bahaya Tidur Pagi

Adapun bahaya tidur pagi yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Bahaya tidur pagi bagi kesehatan

1. Tubuh menjadi lemas seharian

Tumbuh akan menjadi lemas seharian, maksudnya adalah karena saat Anda bangun tidur pagi, Anda akan merasa tubuh Anda masih kurang tidur dan membuat Anda semakin malas untuk mengerjakan aktivitas rutin Anda. Kondisi ini adalah respon tubuh karena tubuh memerlukan waktu untuk memperbaiki diri yang seharusnya dikerjakan pada malam hari saat tidur malam.

Baca juga Bahaya Kekurangan Vitamin B12

2. Ketidakseimbangan metabolisme

Metabolisme adalah proses pemecahan zat dan nutrisi dalam tubuh untuk membentuk energi. Apabila Anda tidur terlalu lama di pagi hari maka tubuh akan kebingungan dan tidak terjadi proses metabolisme pada pagi hari pada umumnya. Pagi hari diharuskan untuk mengisi nutrisi (sarapan pagi). Jika tidak makan, maka rasa lapar akan tertunda pada saat jam berikutnya. Akibat dari ketidakseimbangan metabolisme ini adalah naiknya berat badan tanpa disadari.

3. Sakit kepala

Sakit kepala biasa dialami saat seseorang bangun tidur pagi. Hal ini karena tekanan darah saat tidur akan menurun, jika keadaan Anda terus tidur, maka Anda akan mudah terserang gangguan tekanan darah baik berupa tekanan darah rendah atau pun tinggi.

Baca juga Akibat Sering Nonton Bola

4. Kanker darah

Tidur pagi hari akan membuat darah putih meningkat, jika hal ini terus dilakukan maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan darah, kemungkinan Anda dapat terserang kanker darah karena lonjakan produksi sel darah putih di dalam tubuh.

5. Diabetes

Tidak jauh berbeda dengan tidur setelah makan. Jika Anda tidur pagi hari, metabolisme Anda akan memecah nutrisi dalam tubuh akan menurun, akibatnya tubuh akan mengalami ketidakseimbangan gula darah karena ia tidak dipakai untuk beraktivitas. Jika keadaan ini terus berlanjut, maka siap-siap akan bahaya penyakit diabetes.

Baca juga Manajemen Diabetes agar Diabetes Terkontrol

6. Penyakit jantung

Penyakit jantung bisa disumbang dari kebiasaan buruk tidur pagi hari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Nurses Health Study, menunjukan bahwa seseorang yang tidur lebih lama dari kebutuhan tidurnya akan meningkatkan resiko penyakit jantung sekitar 38%.

Baca juga

7. Kematian

Kebiasaan tidur lebih dari 8-11 jam per hari hingga pagi hari mampu mendekatkan Anda pada risiko kematian. Ini masih dalam penelitian dan masih belum dapat dipastikan, tetap saja bahwa tidur berlebihan atau tidur pagi hari menarik penyakit-penyakit untuk hinggap hingga akhirnya menjadi kematian.

8. Penyakit lainnya

Penyakit lainnya yang mungkin terjadi adalah anemia yang ditandai dengan pandangan berkunang-kunang, ketidakseimbangan fungsi otak, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

Bahaya tidur pagi bagi produktivitas

Tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh, namun tidur pagi juga buruk untuk ekonomi Anda. Seseorang pada umumnya mulai bekerja dari pagi hari, dan jika pagi hari tidak dimanfaatkan untuk bekerja, maka rezeki kemungkinan akan sulit untuk didapatkan.

Demikianlah beberapa bahaya tidur pagi yang mesti Anda ketahui. Jika tidur pagi sudah menjadi kebiasaan Anda, maka cobalah untuk sedikit demi sedikit untuk tidak tidur pagi dan yang pastinya jangan begadang pada malam harinya.