Bahaya Cutton Bud untuk Membersihkan Telinga

Cutton Buds Foto: pixabay

Jika telinga terasa gatal, maka hal pertama yg dilakukan adalah membersihkannya dengan cutton buds. Meskipun sudah menjadi kebiasaan membersihkan telinga menggunakan cutton bud, ternyata cutton bud tidak baik digunakan karena berbagai macam bahaya dapat mengincar telinga Anda. Mengapa cutton bud bahaya? Inilah beberapa alasan sebaiknya Anda tidak menggunakan cutton bud untuk membersihkan telinga.

Alasan Kenapa tidak Perlu Menggunakan Cutton Bud untuk Membersihkan Telinga

Telinga mampu membersihkan diri sendiri

Telinga adalah organ yang sangat unik, tanpa dibersihkan pun ia bisa membersihkan dirinya sendiri. Di dalam telinga terdapat bulu-bulu halus yang mampu mengeluarkan kotoran telinga dengan menyapunya keluar dari liang telinga.

Biasanya para dokter tidak menganjurkan membersihkan telinga dengan benda apa pun, seperti lidi, kunci, peniti, pena, bahkan cutton bud. Semua benda yang tidak dianjurkan tersebut akan malah melukai liang telinga.

Serumen menyehatkan

Cairan kekuningan di dalam telinga sering disebut dengan serumen. Serumen ini merupakan salah satu dari sistem imun non homoral. Ia bersifat melindungi liang telinga dari benda asing seperti bakteri atau virus.

Serumen diproduksi oleh telinga bagian dalam, ia mampu menyerap kuman-kuman dan sel kulit mati dan membawanya keluar dari telinga oleh rambut-rambut halus telinga. Jika jumlah serumen di telinga sangat banyak, ini dapat mengindikasikan bahwa telinga sedang terinfeksi.

Jadi, telinga tidak baik dibersihkan dengan cutton bud atau benda lainnya karena dengan membersihkan serumen, berarti perlindungan terhadap infeksi dapat berkurang. Sedangkan, serumen sangat penting untuk mencegah infeksi pada telinga. Dalam beberapa kasus, serumen diproduksi dengan sangat banyak dan ia mampu membendung dan mengganggu pendengaran, ia akan terasa sakit jika diraba. Jadi jika ini terjadi pada Anda, segera periksakan diri ke dokter THT.

Cutton bud merusak telinga

Ketika Anda membersihkan telinga dengan cutton bud, maka kemungkinan Anda akan memasukkan sejumlah kuman baru yang ada di cutton bud. Tidak hanya membawa kuman dari luar ke dalam telinga, tapi serumen yang ada di luar telinga malah akan semakin masuk ke dalam telinga. Akhirnya kuman dan kotoran telinga terjebak di dalam telinga dan sulit untuk dikeluarkan oleh telinga secara alami.

Gendang telinga juga terkena imbasnya, karena cutton bud berbentuk tajam dan kemungkinan bisa melukai gendang telinga jika Anda tidak sengaja membersihkannya dan melukainnya sampai sangat dalam. Gendang telinga sangatlah tipis, jadi ia sangat rapuh dan mudah sekali robek. Jika gendang telinga sudah terlanjur robek, maka Anda akan mengalami ketulian.

Baca juga:

Perlukah membersihkan Telinga?

Jadi, bagaimana dong solusinya jika telinga sudah sangat kotor sekali? Mungkin ini adalah pertanyaan yang Anda tanyakan. Namun, jangan khawatir karena membersihkan telinga masih bisa dilakukan dengan membersihkan telinga bagian luar saja. Ingat ya, telinga bagian luar. Sedangkan telinga bagian dalam tidak perlu dibersihkan. Telinga dalam berbentuk seperti corong yang mengarah ke luar, jadi ia tidak perlu dibersihkan, ia sudah mampu membersihkan dirinya sendiri.

Jadi, untuk membersihkan telinga, Anda cukup membersihkannya dengan kain atau lap basah di bagian luarnya (daun telinga, dan liang telinga bagian luar) dan bagian liang telinga biarkanlah, jangan coba membersihkannya dengan apa pun, termasuk jari Anda sendiri.

Jika kotoran telinga sudah sangat banyak dan menumpuk, dianjurkan untuk membersihkannya ke dokter THT. Dokter THT biasanya menggunakan alat khusus untuk membersihkan telinga yang sangat kotor dengan kotoran telinga yang sudah menggumpal.

Baca juga:

Demikianlah beberapa bahaya membersihkan telinga dengan cutton bud dan cara membersihkan telinga. Mudah-mudahan dapat memberikan Anda wawasan baru, silakan berikan komentarnya di kolom komentar, dan silakan bagikan artikel ini agar sanak saudara Anda tidak lagi menggunakan cutton bud untuk membersihkan telinga.