7 Benda Terkotor yang Harus Anda Waspadai. Lakukan Cara Berikut untuk Mencegah Penyakit dari Benda Terkotor

7 Benda Terkotor yang Harus Anda Waspadai

Kita sering bersentuhan dengan benda atau barang yang ada di sekitar, benda-benda tersebut sering kita sentuh, pegang, dan kita pakai dalam keseharian kita. Ada beberapa benda yang sangat kotor, dan mungkin benda-benda ini sudah Anda ketahui, namun jarang yang mengambil tindakan yang tepat karena ketidaktahuan tersebut.

7 Benda Terkotor yang Ada di Sekitar

1. Troli Belanja

Bagi Anda yang sering berbelanja banyak di supermarket atau minimarket, pastinya troli akan digunakan untuk membawa barang belanjaan. Karena mustahil jika belanjaan banyak, sedangkan Anda tetap memegangnya. Tentunya akan sangat melelahkan berbelanja banyak tanpa troli belanjaan.

Apakah Anda tahu bahwa troli belanjaan digunakan oleh semua orang yang berbelanja, dari pagi hingga malam hari. Sangat jarang sekali troli-troli belanjaan tersebut dibersihkan secara rutin.

Troli belanja, khususnya di bagian pegangannya memiliki banyak bakteri, air liur, dan senyawa pembuangan lainnya dari toilet umum. Banyak penyakit yang bisa ditularkan dari troli belanjaan seperti diare, pneumonia, hingga penyakit menular lainnya.

Baca juga Kenali Bahaya Troli Belanjaan untuk Bayi Anda

Solusi:

  1. Selalu lap dan bersihkan troli dengan kapas alkohol, terutama di bagian peganganya.
  2. Jika barang belanjaan sedikit, maka jangan langsung menggunakan troli selama berbelanja.
  3. Cuci tangan segera setelah menggunakan troli agar penyakit dari troli tidak menularkan kepada anggota keluarga di rumah.

Baca Cara Cuci Tangan 6 dan 7 Langkah Lengkap

2. Handphone

Telepon genggam telah banyak digunakan sekarang ini, dari anak kecil hingga orang yang lanjut usia. Semua telah menggunakan handphone. Namun, apakah Anda tahu bahwa handphone ternyata sangat kotor. Handphone mengandung berbagai bakteri yang berpindah dari tangan.

Handphone pastinya sangat jarang dibersihkan, karena handphone pastinya tidak bisa dicuci dengan air. Oleh karena itu, sudah dapat dipastikan banyak sekali bakteri yang ada di handphone.

Solusi:

  1. Bersihkan handphone secara rutin dengan kapas alkohol secara merata.

3. Uang

Uang adalah benda yang paling sering kita sentuh dan gunakan. Tanpa disadari ternyata uang adalah benda terkotor yang banyak mengandung bakteri. Semua bakteri ini didapatkan dari tangan ke tangan saat terjadi transaksi jual beli
Selembar uang memiliki bakteri sekitar 126.000-135.000. Bakteri dengan jumlah begitu banyaknya tentunya akan banyak sekali penyakit yang bisa ditularkannya.

Solusi:

  1. Uang kertas tentunya tidak bisa dicuci, oleh karena itu Anda bisa bersihkan uang koin jika Anda sering menggunakannya.
  2. Selalu jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan setiap ingin makan atau memegang bayi.

4. Komputer

Komputer merupakan alat elektronik selanjutnya yang sangat kotor. Kotoran pada benda-benda elektronik biasanya tidak nampak, dan kita mungkin menganggap bahwa komputer itu bersih. Padahal komputer adalah benda yang sangat kotor, bahkan ada yang mengatakan bahwa komputer mengandung bakteri yang lebih banyak dibandingkan bakteri yang ada di toilet. Terlebih lagi jika komputer tersebut adalah komputer umum yang bisa digunakan semua orang.

Komputer tentunya sangat jarang dibersihkan. Pernahkah Anda melihat atau membersihkan komputer dengan kompresor angin dan kain basah mengandung detergen? Jika Anda jarang membersihkannya maka sudah dapat dipastikan bahwa komputer yang Anda gunakan mengandung banyak bakteri.

Solusi:

  1. Bersihkan komputer dengan lap basah, jika tidak ada bisa menggunakan kapas alkohol.
  2. Gunakan vacum pembersih pada bagian keyboardnya.

5. Dudukan Toilet

Toilet ada yang jenis jongkok dan ada juga jenis yang duduk. Bagi toilet yang duduk, ada banyak bakteri dan kotoran yang tak nampak pada dudukannya. Bakteri pada dudukan toilet ini sangatlah banyak, yaitu sekitar 295 bakteri di setiap inchi permukaan toilet duduk.

Solusi:

  1. Selalu bersihkan toilet secara rutin setiap hari.
  2. Jika menggunakan toilet umum, bersihkanlah dengan sabun antiseptik sebelum menggunakannya.
  3. Jika tidak ada, gunakanlah tisue dan letakkanlah tisue tersebut pada tempat duduk toilet sebagai alas duduk Anda.
  4. Cuci tangan dengan Cara Cuci Tangan 6 dan 7 Langkah Lengkap

6. Gagang Pintu

Setiap rumah, kantor, dan sekolah pastinya memiliki gagang pintu. Gagang pintuh adalah benda yang sangat sering digunakan dan disentuh untuk membuka dan menutup pintu. Semua orang pastinya akan menyentuhnya.

Oleh karena itu gagang pintu adalah benda yang sangat kotor. Bahkan ada yang mengatakan bahwa sekitar 217 bakteri ada di setiap inchi gagang pintu.

Solusi:

  1. Cuci tangan sebelum makan dan menyentuh bayi. Cuci tangan dengan Cara Cuci Tangan 6 dan 7 Langkah Lengkap
  2. Bersihkan gagang pintu dirumah secara rutin dengan lap basah yang mengandung detergen.

7. Eskalator

Eskalator atau tangga berjalan adalah benda yang sering digunakan pada saat seseorang ingin naik atau turun dari satu lantai ke lantai lainnya. Eskalator pada umumnya ada di tempat umum seperti mal, bandara, dan tempat umum lainnya. Eskalator pastinya memiliki pegangan di sampingnya untuk menyeimbangkan dan sebagai pegangan supaya tidak jatuh.

Namun pegangan eskalator di tempat umum pastin ya akan dipegang semua orang. Penyakit dari satu tangan ke tangan lainnya akan mudah berpindah. Anda bisa bayangkan banyaknya bakteri di eskalator, karena pada umumnya mal tidak pernah sepi dari pengunjung, puluhan ribu orang pasti akan menggunakannya.

Solusi:

  1. Jika Anda bisa menggunakan eskalator tanpa memegang pegangannya, maka cobalah gunakan eskalator tanpa memegangnya.
  2. Cuci tangan ketika hendak ingin makan atau bersentuhan dengan bayi. Cuci tangan dengan Cara Cuci Tangan 6 dan 7 Langkah Lengkap