Semua Informasi Tentang Gagal Jantung

Semua Informasi Tentang Gagal Jantung Sumber Gambar pexels.com

Gagal Jantung atau Congestive Heart Failure (CHF) adalah suatu kondisi dimana otot jantung kelelahan dan menjadi sangat lemah sehingga tidak mampu lagi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Penyebab

Gagal jantung ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah seperti:

Gangguan Ritme Jantung

Ritme jantung bisa terlalu cepat atau terlalu lambat dalam berdetak. Ritme yang terlalu cepat akan menyebabkan jantung ekstra bekerja, dan jika ritme terlalu lemah, maka jantung akan mengurangi suplai darah ke seluruh tubuh.

Gangguan Otot Jantung

Gangguan otot jantung biasa disebabkan oleh beberapa faktor seperti; keturunan, efek samping obat kemoterapi, penyalahgunaan al**hol, atau infeksi virus.

Kerusakan Katup Jantung

Katup jantung berfungsi untuk mengatur masuk dan keluarnya darah di dalam jantung. Jika terjadi kerusakan pada katup ini, maka sistem peredaran darah di jantung akan kacau.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyebab yang paling sering menyebabkan gagal jantung. Tekanan darah tinggi mampu meningkatkan kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, hal ini karena ada tahanan yang ada di pembuluh-pembuluh darah. Jika hipertensi berkepanjangan, maka ada saatnya kondisi jantung akan melemah.

Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang berlebihan dalam beraktivitas

Jika kelenjar tiroid bekerja sangat aktif maka jika kadar hormon tiroid ini tinggi maka jantung akan akan dipacu untuk bekerja lebih keras lagi. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka gagal jantung sudah dapat dipastikan akan menghampiri.

Anemia

Jika kadar oksigen kurang pada otot jantung, maka jantung akan terganggu fungsinya.

Diabetes

Kondisi diabetes mampu merusak pembuluh darah yang akan merujuk ke penyakit pembuluh darah, dan terus berkembang ke gagal jantung.

Cacat Bawaan

Gagal jantung bisa diturunkan, oleh karena itu ada bayi yang baru lahir memiliki gangguan jantung, kondisi ini terjadi karena belum sempurnanya pembentukan jantung pada bayi.

Jenis Gagal Jantung

Sejauh ini ada 3 jenis gagal jantung, diantaranya:

  1. Gagal jantung karena kerusakan katup jantung
  2. Gagal jantung karena lemahnya ventrikel kiri yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh.
  3. Gagal jantung karena ketidakmampuan ventrikel kiri mengisi darah di biliknya.

Gejala

Gejala gagal jantung tergantung dengan jenis rentang waktunya yaitu gagal jantung akut dan kronis. Akut yang berarti kurang dari 3 bulan, dan kronis lebih dari 3 bulan. Gagal jantung kronis memiliki gejala yang sering terjadi seperti sesak nafas, kelelahan, dan pembengkakan pada kaki. Gagal jantung akut ini sangat diperlukan perawatan di rumah sakit. Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca ciri-ciri serangan jantung yang mesti diwaspadai.

Diagnosis

Diagnosis pertama gagal jantung adalah dengan cara tanya jawab dengan dokter mengenai kondisi, riwayat, kebiasaan, dan konsumsi obat pasien. Pemeriksaan fisik seperti mendengarkan detak jantung akan dilakukan setelah tanya jawab.

Jika dicurigai akan adanya gagal jantung, beberapa tes yang akan dilakukan antara lain:

Tes Darah

Darah yang diperiksa adalah kadar tiroid, kondisi ginjal, anemia, dan diabetes. Suatu ciri dari kerusakan jantung adalah kadar natriuretic peptide yang tinggi dalam darah, jika kadar dari natriuretic peptide ini tinggi, maka ada indikasi jantung sedang mengalami gangguan.

Elektrokardiogram

Tes elektrokardiogram dilakukan dengan memeriksa Kelistrikan jantung. Gagal jantung dapat diperiksa dengan alat ini dengan baik.

Ekokardiogram

Ini adalah tes yang menggunakan gelombang ultrasound, biasanya dilakukan untuk memeriksa kerusakan pada katup jantung.

Treadmill

Tes ini adalah tes latihan tekanan pada jantung. Pasien akan ditempatkan di semacam alat fitness untuk dicoba apakah jantungnya mengalami gangguan jika sedang beraktivitas berat.

Tes Napas

Jika pasien ada gejala sesak napas, tes ini akan dilakukan dengan cara menghembuskan dan menghirup udara melalui tabung khusus untuk mengetahui fungsi paru-paru.

Rontgen

Pada penderita gagal jantung terjadi pembesaran jantung yang terjadi karena penumpukan cairan.

Pengobatan

Gagal jantung adalah kondisi dimana jantungnya melemah, oleh karena itu penderita gagal jantung harus mendapatkan pengobatan agar jantungnya bisa berfungsi dengan maksimal.

Gagal jantung itu sendiri merupakan kondisi yang akan terus berlangsung seumur hidup dan tidak dapat diobati. Oleh karena itu, cara pengobatan yang paling baik adalah dengan kombinasi beberapa obat-obatan, alat bantu jantung, dan operasi jika diperlukan.

Pencegahan

Cara mencegah penyakit jantung adalah dengan cara:

  1. Makan makanan yang sehat dan mengandung tinggi zat besi.
  2. Kurangi makanan yang terlalu asin, atau yang tinggi garam seperti ikan asin.
  3. Menjaga berat badan yang ideal
  4. Berhenti mer*kok
  5. Hindari minum minuman keras
  6. Olahraga secara teratur
  7. Selalu mengontrolkan diri mengenai tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.