Gejala, Penyakit, dan Pengobatan Kekurangan Vitamin A

Gejala, Penyakit, dan Pengobatan Kekurangan Vitamin A Foto: pixabay.com

Vitamin A sering ditemukan di berbagai macam makanan seperti sayuran hijau, sayuran jingga seperti wortel, kentang, dan labu, telur, dan lainnya. Kekurangan makanan yang mengandung vitamin akan mengarahkan seseorang menjadi kekurangan vitamin A.

Wortel sebagai sumber Vitamin A
Foto: pixabay

Fungsi Vitamin A

Fungsi penting dari vitamin A adalah membantu penglihatan. Untuk melihat seluruh spektrum warna, mata memerlukan pigmen untuk penerimaan cahaya di retina mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan terhentinya produksi pigmen-pigmen yang akhirnya akan mengarahkan ke penyakit rabun senja. Mata juga memerlukan vitamin A untuk menutrisi bagian-bagian mata yang penting seperti kornea. Tanpa vitamin A, mata tidak bisa memproduksi pelembab alami untuk melumasi mata.

Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A adalah penyebab yang paling sering terjadi penyakit rabun senja pada balita di seluruh dunia. Anak-anak balita diperkirakan 250.000 – 500.000 yang menjadi buta setiap tahunnya karena kekurangan vitamin A.

Bagi wanita hamil, kekurangan vitamin A mampu menyebabkan rabun senja dan juga kematian janin. Hal ini karena fungsi dari vitamin A sebagai penguat sistem imun, jika kekurangan vitamin A, maka meningkatkan risiko kematian terhadap malaria, cacar dan diare.

Kekurangan vitamin A menyebabkan niktalopia atau rabun senja, rabun senja merupakan tanda pertama dari kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A juga menyebabkan xeropthalmia keratomalacia dan kebutaan yang bisa terjadi karena vitamin A sangatlah penting perannya dalam proses phototranduction.

Baca juga tentang bahaya kekurangan vitamin B12

Risiko Kekurangan vitamin A

Kekurangan vitamin A adalah masalah yang sangat serius di beberapa negara miskin seperti negara-negara Afrika dan Asia Tenggara. Anak-anak balita dan wanita hamil dengan penghasilan sangat rendah adalah risiko tertinggi menderita penyakit kekurangan vitamin A.

Kekurangan vitamin A atau sering disebut dengan hipovitaminosis A adalah kekurangan vitamin A di dalam darah dan jaringan tubuh. Keadaan ini biasanya terjadi pada negara-negara miskin dan jarang terdapat pada negara berkembang.

Gejala Kekurangan Vitamin A

Gejala yang sering muncul pada kasus kekurangan vitamin A adalah gangguan dalam proses penglihatan.

Tahap awal dari kehilangan penglihatan adalah terjadi jika penderita kekurangan vitamin memiliki masalah dalam melihat dalam gelap. Hal ini lah kenapa disebut sebagai rabun senja. Seseorang yang kekurangan vitamin A akan kesulitan melihat di kegelapan, tapi dapat melihat dengan baik jika ada cahaya yang cukup. Jika kekurangan vitamin A semakin memburuk, conjungtiva yang bertugas sebagai pelembab mata akan menjadi kering dan bahkan bisa terjadi perlukaan di mata. Keadaan ini akan berangsur-angsur menjadi buta total.

Silakan simak video berikut untuk memahami gejala kekurangan vitamin A

Diagnosa Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat didiagnosa dengan pemeriksaan mata dan menanyakan riwayat penyakit. Tes darah bisa diukur akan kadar vitamin A dalam darah. Namun, masalah kekurangan vitamin A sangat sering ditemukan karena masyarakat terkendala dalam mengakses fasilitas kesehatan. Solusi yang diberikan adalah dengan memberikan informasi bagaimana cara mendiagnosa kekurangan vitamin A yang diberikan kepada para orang tua agar mereka bisa membedakan bagaimana penampakan dari rabun senja.

Pengobatan Vitamin A

Suplemen Vitamin A
Foto: pixabay

Kekurangan vitamin A bisa diobati dengan suplemen vitamin A. Jumlah dari suplemen tergantung dari umur anak-anak. Suplemen vitamin A bisa memperbaiki rabun senja dan bisa menolong mata mendapatkan lubrikasi alaminya lagi. Namun, kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan di area kornea mata tidak bisa disembuhkan dengan suplemen vitamin A.

Organisasi kesehatan dunia seperti WHO sedang bekerja dalam mendata populasi yang berisiko tinggi kekurangan vitamin A dan memberikan pencegahan melalui diet yang bergizi dan suplemen vitamin A.