Es Krim Mengancam Kesehatan

Es Krim Mengancam Kesehatan Sumber Gambar pexels.com

Makanan yang sehat adalah makanan yang didambakan setiap orang. Apa jadinya kalau makanan yang tidak sehat kita konsumsi? Pastinya berbagai masalah akan mengancam tubuh kita. Kemudian apakah benar ada es krim mengancam kesehatan?

Baru-baru ini juga ada berita yang heboh mengenai adanya bakteri listeria pada es krim Nestlé, khususnya es krim Drumstick. Perusahaan Nestlé menarik produk es krim Drumstick Club dari pasaran setelah mendapatkan informasi bahwa es krim mereka mengandung Listeria yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Penyuka es krim pastinya adalah anak-anak. Jadi untuk kasus ini maka anak-anak sangat berisiko terkena penyakit yang disebabkan oleh es krim yang mengancam kesehatan.

Namun apa sebenarnya Listeria ini?

Es krim Nestle Drumstick Club yang telah ditarik dari peredaran
Sumber Gambar: flickr.com

Listeria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Penyakit infeksi ini biasanya menyerang orangtua, wanita hamil, dan orang-orang yang sistem imunnya lemah.

Gejala Listeria

Seseorang yang terinfeksi bakteri listeria akan memiliki gejala demam dan nyeri otot. Kadang-kadang juga dibarengi dengan diare atau gangguan pencernaan lainnya. Tapi setiap gejala dari listeria ini bervariasi di setiap orang.

  • Wanita hamil: wanita hamil sering melaporkan adanya demam dan gejala-gejala yang tidak spesifik seperti kelelahan dan nyeri seluruh tubuh. Listeria pada masa kehamilan akan sangat berbahaya karena ia bisa mencetuskan keguguran, bayi prematur, dan infeksi janin.
  • Selain wanita hamil: gejala yang mungkin muncul adalah sakit kepala, nyeri leher, kehilangan keseimbangan, dan kejang karena demam dan nyeri otot.

Baca juga:

Resiko Listeria

Beberapa orang yang sangat berisiko terinfeksi listeria:

  • Wanita hamil: 14% kasus infeksi listeria terjadi pada wanita hamil. Infeksi pada masa kehamilan sangatlah berbahaya karena ia bisa menyebabkan keguguran, dan masalah kehamilan lainnya.
    Wanita hamil 10 kali lipat sangat berisiko terinfeksi listeria dibandingkan dengan yang lain.
  • Orangtua: Lebih dari 58% kasus listeria menginfeksi orangtua yang berumur 65 tahun atau lebih. Mereka memiliki resiko 4 kali lipat berisiko.
  • Orang dengan sistem imun yang lemah: Seseorang yang memiliki imun yang lemah karena berbagai kondisi seperti kanker dan terapi melemahkan imun (steroid, kemoterapi, dan radiasi), gangguan hati dan ginjal, diabetes, pecandu al**hol, dan HIV/AIDS.

Cara Mencegah Listeria

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi listeria adalah sebagai berikut.

Mencuci makanan dengan bersih.

  1. Bilas semua bahan makanan seperti buah dan sayur dengan baik sebelum dimakan, dikupas, atau dimasak.
  2. Gosok dengan baik area luar dari buah. Buah yang perlu dilakukan penggosokan adalah buah melon, mentimun, dan semangka.
  3. Keringkan dengan tisu kering atau lap bersih
  4. Pisahkan daging mentah dengan sayur, makanan matang, dan makanan siap makan.

Pertahankan Kebersihan Lingkungan Dapur

  1. Cuci tangan, pisau, dan telesan sebelum menggunakannya.
  2. Selalu waspada bahwa bakteri listeria bisa tetap tumbuh di makanan dalam kulkas. Pertahankan suhu kulkas di bawah 40 F dan frezer dibawah 0 F
  3. Bersihkan semua bagian dari kulkas secara rutin.
  4. Bersihkan dinding dalam kulkas dengan air panas dan sabun, kemudian bilas.
  5. Masak Daging dan Daging Unggas dengan Matang
  6. Masak dengan matang makanan berbahan dasar hewan seperti daging kambing, unggas, atau babi.

Simpan Makanan dengan Aman

  1. Segera makan makanan yang siap makan sesegera mungkin. Jangan menyimpannya di dalam kulkas.
  2. Pisahkan makanan sisa ke dalam kontainer yang cepat dingin dan bungkus dengan baik dengan plastik atau kertas aluminium.

Pilihlah Makanan yang Aman

  1. Jangan minum susu yang masih mentah, jangan makan keju yang tidak melalui proses pasterurisasi.
  2. Cari informasi makanan yang kemungkinan ada listeria.