Beberapa Penyebab Kanker Prostat pada Usia Muda yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Penyebab Kanker Prostat di Usia Muda yang Perlu Anda Ketahui Sumber Gambar pexels.com

Ben Stiller aktor film Zoolander ini mengakui bahwa ia sedang mengidap kanker prostat
Sumber Gambar: wikipedia.com

Umur sangat erat kaitannya dengan penyakit. Salah satu contohnya adalah penyakit prostat yang biasa menyerang pria berumur. Sekarang pun media sedang heboh dengan berita aktor Ben Stiller yang mengaku bahwa ia sedang mengidap kanker prostat. Ia telah di diagnosa kanker prostat pada umur 48 tahun (sekarang 50 tahun).

Namun, apakah kanker prostat juga bisa menyerang usia muda? Hal ini tidak menutup kemungkinan kerena kanker prostat tidak pandang bulu siapa yang akan diserangnya. Jadi, Anda yang masih muda, diharapkan untuk selalu awas diri dengan kanker prostat. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenali penyebab kanker prostat pada usia muda. Berikut ini adalah beberapa penyebab kanker prostat pada usia muda.

Pengertian Kanker Prostat

Prostat adalah suatu kelenjar yang berukuran kecil di dalam organ reproduksi laki-laki. Letak dari kalenjar prostat ini tepat di bawah kandung kemih yang menampung air kencing dan persis di depan rektum atau tempat penampungan kotoran dari usus. Untuk lebih memahami letaknya, Anda bisa liat pada gambar. Fungsi dari kelenjar prostat ini adalah untuk menghasilkan cairan yang melindungi sp*rm* dan juga sebagai bahan pembuat air mani pada laki-laki.

Pembesaran Kalenjar prostat

Ada beberapa gangguan yang bisa menyerang kelenjar prostat seperti peradangan kalenjar prostat, pembesaran prostat, dan kanker prostat. Kanker adalah proses pertumbuhan sel yang tidak terkontrol oleh tubuh, ia terus tumbuh dan tumbuh tanpa lelah. Jadi, kanker prostat dapat disimpulkan adalah sel-sel kelenjar prostat yang tumbuh tak terkontrol.

Pada umumnya, gangguan prostat ini sering menyerang usia 40 tahun ke atas kerena pada usia 40 tahunan adalah usia yang sudah tidak prima lagi dalam berbagai hal. Tapi, tidak menutup kemungkinan kanker prostat bisa menyerang usia yang masih muda.

Penyebab Kanker Prostat Pada Usia Muda

Kelenjar prostat yang normal dapat tumbuh melalui dua fase. Fase yang pertama adalah fase yang terjadi pada saat pubertas dimana ukuran dari kelenjar ini menjadi 2 kali lipat saat masih kecil. Fase kedua adalah fase yang terjadi pada saat umur 25 tahunan, dan ia akan terus membesar seiring dengan bertambahnya usia.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Michigan Comprehensive Cancer Center, ia mengatakan bahwa kanker prostat yang menyerang usia muda sekarang sudah meningkat hampir 6 kali lipat dan juga tipe kanker prostat ini lebih agresif pada usia muda.

Beberapa hal yang menjadi resiko terjadinya kanker pada usia muda adalah:

  1. Laki-laki yang memiliki riwayat keluarga yang pernah menderita penyakit kanker prostat 3 kali lebih besar menurunkan kanker prostat.
  2. Kegemukan dapat menjadi salah satu faktor terjadinya kanker prostat pada usia muda. Hal ini kerena berbagai macam hal.
  3. Makanan tertentu dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker prostat. Contoh dari makanan yang tidak sehat adalah ayam goreng, kentang goreng, ikan goreng, dan donat. Jika makanan tersebut dikonsumsi seminggu sekali, ia akan menyumbang akan adanya kanker prostat pada usia muda. Ini berdasarkan penelitian dari Janet L. Standford, PhD dari Hutchinson Center.
  4. Hubungan i*t*m yang terlalu sering di usia 20 sampai 30 tahun akan memiliki resiko kanker prostat dua kali lipat. Bahkan ada juga penelitian yang menunjukan bahwa jika laki-laki sering onani, maka ia juga akan memiliki resiko terserang kanker dikemudian hari.

Demikianlah beberapa penyebab kanker prostat pada usia muda yang mesti Anda waspadai agar nantinya Anda dapat mencegahnya dengan menjaga pola hidup yang lebih sehat.

Baca juga Sehat di tahun baru